Rabu, 14 Januari 2015

Sejarah Indonesia "API"

Mengenal Api

Ø Sejarah Api

Api ditemukan saat zaman Lower Paleolitik . Bukti awal untuk penggunaan api yang sudah terkendali di situs bersejarah Lower Paleolitik dari Gesher Benot Ya'aqov di Israel. Di sana ditemukan ada kayu dan biji yang hangus sekitar 790.000 tahun yang lalu.

Situs tertua berikutnya adalah pada Zhoukoudian , sebuah situs Lower Paleolitik di China sekitar 400.000 tahun yang lalu, dan di gua Qesem (Israel) sekitar 200,000-400,000 tahun yang lalu.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan di Nature Maret 2011, peneliti bernama Roebroeks dan Villa melaporkan berdasarkan penelitian mereka dari data yang tersedia di berbagai situs Eropa. Mereka menyimpulkan bahwa penggunaan api itu bukan bagian dari manusia melainkan peristiwa kebakaran hutan.

Menurut sumber lain yang kami dapat ada yang menyebutkan juga, Api kira-kira terjadi pada 400.000 tahun yang lalu pada periode Homo Erectus.Pada mulanya manusia membuat api dengan cara membenturkan batu dengan batu lainnya sehingga menghasilkan percikan api. Percikan tersebut kemudian ditangkap dengan dedaunan kering atau material kering lainnya sehingga menghasilkan api.

Ø Manfaat sebelum dan sesudah manusia purba mengenal api

v  Manfaat sesudah mengenal api :



1. Menghangatkan diri dari cuaca dingin

2. Memperkenalkan manusia pada teknologi memasak makanan , yakni memasak dengan cara membakar dan menggunakan bumbu / ramuan tertentu

3. Api digunakan sebagai senjata untuk mengusir binatang buas

4. Api sebagai sumber penerangan utama pada malam hari

5. Api dapat digunakan untuk membuka lahan pertanian dengan cara slash & burn (menebang pohon dihutan kemudian membakarnya untuk dijadikan tanah garapan) .

v  Sebelum manusia purba mengenal api :
1. Pada bagian diatas kami sudah membahas tentang manfaat sesudah mengenal api nah, sekarang bagaimana jika manusia purba belum mengenal api ? Tentunya mereka tidak akan dapat melakukan kegiatan-kegiatan diatas. Sebagai contoh sesudah mengenal api mereka bisa membuat makanan sendiri walaupun caranya masih tergolong sederhana, sekarang ketika mereka belum mengenal api, apa yang terjadi ? Kami perkirakan mereka mencari makanan hanya mengandalkan alam dalam artian, bahan makanan mungkin langsung dimakan tanpa diolahnya. Hanya mencari buah-buah yang praktis sekali.


Sekian Postingan kali ini tentang "Mengenal Api pada saat zaman manusia purba"
Semoga bermanfaat untuk kita semua !
Thanks for visiting my blog !
No Reading No Life ~ You Can't See Me #

0 komentar:

Posting Komentar