Sabtu, 17 Januari 2015

Teknologi Aplikasi Web

 Teknologi pengembangan aplikasi Web

· Aplikasi web adalah suatu aplikasi yang di akses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti internet atau intranet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang di kodekan dalam bahasa yang didukung oleh penjelajah web (seperti HTML, Java Script, AJAX, Java,dll) dan bergantung pada penjelajah penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi.


1. Profesi dalam pengembangan app web.

profesi dalam pengembangan app web Diantaranya :


- Web Designer
- Web Programmer
- Web Administrator
- Web Master
- Web Developer


1. Web Designer
Tugasnya adalah pendesain’an tampilan situs (web) mulai dari pengolahan gambar, tata letak, warna, dsb. Didalam pendandanan suatu situs seorang Web Designer harus menguasai :
- HTML, DHTML
- Pengolah Gambar
- Animasi, Movie (Film)
Gaji yang bisa didapat : Rp. 1.500.000 - Rp. 4.000.000
2.Web Programmer
Jika situs yang akan dibuat mempunya fasilitas interaksi antara pengunjung dan situs misalnya menyangkut dengan transaksi, input - output data dan database maka seorang Web Programmer yang akan mengerjakannya dengan membuat aplikasi-aplikasi yang berkerja diatas situs (web). Penguasaan yang biasanya harus dikuasai pada umumnya oleh Web Programmer :
- CGI Perl, PHP, MySQL (Unix base)
- ASP (NT base)
- Java Script dan Applet
Gaji yang bisa didapat : Rp. 2.000.000 - Rp. 5.000.000
3. Web Administrator
Tugasnya adalah untuk memaintenance suatu server, mengerti akan Sistem Operasi Server, baik itu mulai dari instalasi sampai kepada masalah (troubleshooting), biasanya seorang Web Administrator harus menguasai :
- OS Unix (LInux, FreeBSD, dll)
- OS NT
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet)
- Keamanan Server

Gaji yang bisa didapat : Rp. 2.000.000 - Rp. 5.000.000

4. Web Master
Seoarang Web Master adalah seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari disain, program dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggun jawabkan atas jalannya suatu situs (web). Penguasaan yang harus dimiliki :
- HTML, DHTML
- CGI Perl, PHP, MySQL, ASP, Java
- Penguasaan bermacam OS (Operating System)
- Keamanan Server
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet)
Gaji yang bisa didapat : Rp. 3.500.000 - Rp. 7.000.000


5. Web Developer
Kegiatan diatas secara keseluruhan dinamakan suatu team yang dinamakan Web Developer.


2.   Sejarah dan Cara Kerja Web
A. Sejarah Web :
World Wide Web sering disebut Web adalah Suatu media informasi global dimana pengguna dapat membaca dan menulis melalui komputer yang tersambung ke Internet. Istilah Web sering secara tidak dasar di anggap sebagai Internet itu sendiri, walaupun sebetulnya Web merupakan jasa yang beroperasi di atas Internet sama seperti e-mail. Sejarah Internet terjadi jauh sebelum Web di kembangkan.
Di tahun 1980, seorang Inggris Tim Berners-Lee, kontraktor independent di CERN (Badan Tenaga Atom Swiss) membuat ENQUIRE, sebuah basis data personal dan model software, juga berkesempatan untuk bermain dengan konsep hypertext; dimana setiap halaman informasi baru di ENQUIRE tersambung secara langsung ke halaman yang ada.
Tahun 1984, Tim Berners-Lee kembali ke CERN dan memperesentasikan masalah bahwa semua fisikawan di dunia butuh untuk melakukan berbagi data, sayangnya tidak ada perangkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan hal itu terjadi. Atasan Tim, Mike Sendall, meminta Tim untuk mengimlementasikan ide-nya di mesin workstation NeXT yang baru saja di terima oleh CERN. Waktu itu ada beberapa nama yang dipikirkan untuk itu, mulai dari Information Mesh, The Information Mine atau Mine of Information, akhirnya dipilihkan World Wide Web.
Bulan Desember 1990, Tim Berners-Lee berhasil membuat semua perangkat yang dibutuhkan agar Web dapat bekerja: Web browser yang pertama WorldWideWeb (yang juga merupakan Web editor), Web server pertama (info.cern.ch), dan halaman Web yang pertama yang menjelaskan tentang proyek tersebut. Browser yang di kembangkan dapat mengakses kelompok diskusi Usenet dan juga akses file FTP. Sayangnya hanya dapat di jalankan di NeXT. Nicola Pellow kemudian membuat browser text sederhana yang dapat di operasikan di hampir semua komputer.
May 1991, Paul Kunz dari Stanford Linear Accelerator Center (SLAC) mengunjungi Cern dan sangat tertarik dengan Web. Paul membawa pulang perangkat lunak NeXT ke SLAC, dimana pustakawan Louise Addis mengadaptasikannya untuk sistem operasi VM/CMS di IBM mainframe untuk memperlihatkan katalog dari dokumen online di SLAC; Web ini merupakan Web Server pertama di luar Eropa dan pertama di Amerika Utara.
Pada tanggal 6 Agustus 1991, Tim Berners-Lee memposting / menulis resume singkat dari proyek World Wide Web di kelompok diskusi alt.hypertext. Tanggal ini di tandai sebagai pertama kali Web muncul secara publik di Internet.

B. Mekanisme Cara Kerja Website User :
1. Pengguna yang akan mengakses suatu website berupa URL melalui Web Browser (yaitu media untuk menuju URL yang diakses),
2. Web Browser tersebut mengirimkan permintaan/ request berupa HTTP Request kepada Web Browser melalui layer-layer TCP/IP,
3. Web Server memberikan WebFiles yang di-request jika ada.Web Files yang telah diberikan tadi tidak langsung ditampilkan/di-display begitu saja, namun Web Server memberikan respon kembali ke Web Browser melalui HTTP Response yang juga melalui layer-layer TCP/IP, yang kemudian baru di terima oleh Web Browser, dan kemudian dikirimkan kepada User berupa Display.


3. Alur Pengembangan App Web

Dikelompokan Menjadi Beberapa Fase Diantaranya :

1. Fase penentuan feature dan fungsi : Pada tahapan ini berdasarkan hasil penelusuran kebutuhan dari aplikasi maka saya menentukan feature dan fungsi apa saja yang akan dibuat untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Feature dibagi menjadi feature utama atau bagian besar terlebih dahulu baru kemudian didefenisikan menjadi bagian yang lebih kecil. Misalnya pada aplikasi CMS salah satu feature utama adalah blog, kemudian feature blog didefenisikan seperti feature tagging, category, comment, dsb. Pada tahapan ini yang perlu diperhatikan adalah apakah daftar feature dan fungsi yang dibuat telah memenuhi kebutuhan yang diinginkan.
2. Fase pengumpulan data : Mencari konten, gambar dan file lain yang dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi. Berdasarkan daftar feature dan fungsi yang akan dikembangkan maka saya akan mengumpulkan data-data dan file yang diperlukan untuk feature dan fungsi tersebut.
3. Fase analisa dan perancangan : Pada tahapan ini saya mencoba menganalisa data yang telah dikumpulkan pada tahapan sebelumnya dan menuangkan hasil analisa kedalam sebuah rancangan. Misalnya berdasarkan feature yang ada maka saya merancang tabel database yang dibutuhkan oleh tiap feature. Berdasarkan konten dan data  yang ada saya juga melakukan perancangan tampilan aplikasi. Selain itu saya juga menyusun struktur aplikasi seperti menu, sitemap, dsb.
4. Fase coding : Pada tahapan ini saya memulai menulis kode program. Biasanya dimulai dengan mengubah template dari file image Firework ke html. Setelah itu membuat kerangka aplikasi seperti struktur folder dan file dan memulai pengembangan fungsi untuk tiap feature.
5. Fase setup and testing : Pada tahapan ini saya melakukan setup di server dimana aplikasi web nanti akan akan dijalankan. Tentu setelah melakukan testing di komputer lokal terlebih dahulu dan memastikan bahwa semua fungsi berjalan baik. Pada server juga akan dilakukan testing untuk memastikan aplikasi dapat berjalan baik pada server tersebut. Pada tahapan ini juga akan dilakukan beta test dimana beberapa orang akan mencoba menggunakan aplikasi dan memberikan komentar atau feedback terkait dengan fungsi aplikasi.
6. Fase launching : Pada fase ini setelah dipastikan aplikasi berjalan baik pada server maka saya akan melakukan sosialisasi baik di dunia nyata atau maya. Beberapa diantaranya adalah melakukan posting di forum, aplikasi social network seperti facebook, membuat posting di blog, dan sosialisasi lainnya.


4. Perangkat Pengembangan App Web

Beberapa Diantaranya :
1. HTML
2. JavaScript
3. AJAX
4. Java       
5. Joomla
6. PrimaCMS : Adalah sebuah framework Content Management System yang menyediakan solusi terintegrasi dan mudah digunakan untuk website perusahaan dengan konten dinamis.
7. PrimaCommerce : Menyediakan solusi eCommerce, dari pengaturan katalog, integrasi keranjang belanja. Jika diperlukan dapat dihubungkan dengan berbagai solusi electronic payment.
8. XAMPP : Merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstall XAMPP maka tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasikannya secara otomatis untuk Anda atau auto konfigurasi.
XAMPP nantinya mempasilitasi Anda untuk mengembangkan Aplikasi WEB dengan PHP,  Paket yang ada didalam XAMPP adalah sebagai berikut:
A. Server Apache : Yang nanti digunakan untuk lokal web server, dengan server apache terinstal dikomputer Anda, Anda nanti bekerja di komputer secara lokal, Aplikasi Web Anda cukup di uji coba di komputer lokal saja tanpa harus di Upload ke web server internet secara langsung.
B. PHP : Adalah interpreter yang nanti akan menterjemahkan source kode php agar dapat di baca oleh browser untuk di tampilkan
c. My SQL : Adalah sebuah sofware basis data server untuk menyimpan data aplikasi web yang akan dikembangkan.
D. PHP my admin : Adalah aplikasi kecil untuk mengatur, dan mengelola basis data MYSQL agar lebih mudah untuk di gunakan.

~Sekian postingan kali ini , semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca.
Request postingan ? Check Contact Us ...
No Reading No Life ~ You Can't See Me
Look forward to the next post at http://shadowsky-network.blogspot.com/ ..
See ya guys :D

2 komentar:

  1. Terimakasih infonya sangat bermanfaat setidaknya memahami perkembangan teknologi aplikasi web

    Kunjungi website Kampus saya : Atma Luhur

    website saya : Naliyana

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas informasinya kaa! membantu sekali untuk melengkapi bahan laporan saya. sukses selalu

    BalasHapus